Kamis, 21 April 2016

Alergi



Ya Alergi adalah satu bentuk reaksi perlawanan tubuh akan hadirnya suatu zat asing yang masuk dalam tubuh. Alergi berkaitan erat dengan imunitas atau daya tahan tubuh. daya tahan tubuh atau imun adalah salah satu sistem di tubuh manusia sebagai ‘tentara’ untuk memerangi zat azing yang berbahaya. Contoh dari zat asing itu adalah bakteri, virus, parasit, jamur dan sebagainya.

Reaksi dari alergi setiap orang itu macam-macam. Ada yang sesak nafas, batuk- pilek, gatal-gatal di bagian tubuh tertentu atau bahkan secara keseluruhan, pembengkakan, kemerahan dan masih banyak lagi. Aku adalah salah satu manusia yang mempunyai alergi. Sistem imunku terlalu berlebihan dalam menanggapi suatu hal. Alergi yang aku alami muncul setiap sore atau malam. Biasanya sih muncul biduran gitu, gatel banget. Anehnya, biduranku itu muncul dari bagian tubuh yang paling atas. Dari mulai kulit kepala, wajah, leher, trus bahu.

Biasanya kalau kepala sama leher udah mulai gatel, aku langsung minum Cetrizine 10 mg, tapi dosisnya aku kurangin jadi 5 mg sekali minum, dibagi jadi 2 gitu deh tabletnya. Beberapa menit setelah minum, rasa gatel sama bentol merah langsung hilang. Suatu hari aku pernah nyoba nahan buat gak minum Cetrizine pas alergi kambuh, dan…. Biduranku langsung nyebar parah. Akhirnya karena aku gak tahan, aku langsung minum Cetrizine itu buru-buru.

Ada yang bilang kalau air kelapa murni bisa mengatasi alergi. Oke, suatu hari aku langsung minum air kelapa muda dan gak minum Cetrizini pas alergiku kambuh. Ngefek? Sedikit banget. Rasa gatel emang berkurang, tapi tetep aja bentolnya nyebar.

Sebenernya aku udah hopeless banget buat nyembuhin alergi yang bener-bener aneh. Karakteristik muncul alergiku ini juga aneh banget. Muncul 2 hari sekali dan munculnya pun sore atau malam hari. Bayangin, alergi muncul 2 hari sekali. Jadi setiap 2 hari sekali aku harus konsumsi Cetrizine untuk menekan reaksi histamine tubuhku yang bener-bener lebay.

Aku sebenernya udah pernah periksa 2 kali ke dokter. Baru ke dokter umum sih, belum sempet ke dokter kulit atau ke dokter spesialis imunologi.  Pertama kali muncul alergi ini, aku  periksa ke dokter umum yang pertama. Dan hasil diagnosanya sangat mengejutkan. Aku cacingan!!

Yaampun, aku ngerasa gak percaya kalo aku cacingan. Aku baik-baik aja. nafsu makan oke, tidak ada penurunan berat badan (malah naik), kamar bersih. Tapi yaudahlah, mungkin dokter ini ada benernya juga. Aku diresepkan obat cacing sekali minum, anti alergi sama anti radang (kortikosteroid). Aku mengkonsumsi obat itu selama kurang lebih seminggu dan selama seminggu itu, alergiku hilang. Tetapi ketika aku sudah tidak minum obatnya, alergiku kambuh lagi. Jika memang benar alergiku selama ini karena cacing, harusnya ketika aku sudah mengkonsumsi obat cacing itu, alergiku hilang. Tapi ini tidak. Aku pun berasumsi bahwa dokter itu salah diagnosa.

Di lain kesempatan, aku mengunjungi dokter lain. aku bercerita tentang alergiku ini dan tentu bercerita tentang insiden aku divonis cacingan. Dokter yang kedua ini sangat ramah, jauh dari yang kemaren itu. Yang kemaren itu udah jutek, kita gak boleh nanya, dan langsung main vonis gitu aja.

“saya sarankan mbak buat periksa darah lengkap di laboratorium ya, nanti biar ketahuan apakah mbaknya bener-bener cacingan atau enggak.” Saran sang dokter, ramah.

Aku pun langsung melakukan periksa darah, hasilnya bisa langsung diambil 30 menit kemudian. Setelah hasil diambil, aku masuk lagi ke ruang dokter.

Dokter  : “saya bacakan ya mbak hasilnya, jadi disini eosinofil mbak normal. Harusnya jika memang benar mbak cacingan, eosinofilnya tinggi. Karena si eosinofil ini yang bekerja kalo ditubuh lagi ada cacing, parasit.”
Aku        : “Jadi saya gak cacingan kan dok?”
Dokter  : “dari hasil pemeriksaan, mbak gak terkena cacingan. “
Aku        : “trus kalau bukan karena cacingan, alergi ini gara-gara apa ya, dok?”
Dokter  : “Banyak factor yang bisa menimbulkan alergi. Dari keturunan, pengobatan tertentu, atau mbaknya alergi makanan, udara, hewan.”

Aku mikir, mamaku juga emang punya alergi yang sama kayak aku. Bedanya, mamaku jelas penyebabnya. Mama sering kambuh alergi bidurannya kalo cuaca lagi ekstrim, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin. Sedangkan aku? Gak jelas. Munculnya 2 hari sekali, setiap malem lagi. Alergi macam apa ini. untuk alergi makanan maupun hewan… gak ada apa-apa ah. Aku makan seperti biasa. Kalaupun aku alergi makanan tertentu, harusnya langsung muncul saat itu juga. Tapi ini alergiku  muncul saat malam hari saja.

Aku        : “Tapi ini alerginya aneh dok., saya bingung penyebabnya apa. Saya juga gak pernah makan apa-apa pemicu alergi. Hewan, dirumah saya gak ada hewan. Dulu waktu saya masih SD Kelas 1 , saya juga pernah alergi biduran gini. Penyebabnya karena udara dingin sama makan ikan. Dulu Cuma rutin minum obat alergi kalo pas kambuh. Trus lama kelamaan, alergi itu hilang total. Saya makan ikan, udara dingin, alerginya udah gak pernah kambuh sampai akhirnya saya sebesar ini. baru sekarang muncul lagi. Oh ya, ini ada foto kulit tangan saya waktu alergi.”

Aku menunjukkan foto tanganku yang lagi bentol-bentol waktu itu.

Dokter  : “Ini bentol biasa mbak, kalau bentolnya karena cacingan, bentuknya beda. “
Aku tau, dokter ini mencoba menenangkanku yang parno kalau ini semua karena cacing.
Aku        : “Terus gimana solusinya dok?”
Dokter  : “Saya sarankan sih untuk tes alergi. Trus juga kalo kambuh, dirutinin aja minum obat anti alerginya. Daripada mbaknya terganggu kan.”
Aku        : “Tapi aman kan dok untuk jangka panjangnya?”
Dokter  : “Aman kok.”

Hingga saat ini aku belum memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit atau imunologi karena masih bingung mau dimana. Belum nemu rekomendasi dokter yang bagus. Jadilah sampai sekarang pun aku masih menjadi setia konsumen Cetrizine tiap 2 hari sekali di sore hari.
Aku sejujurnya kepo banget sama penyebab alergi ini. alergiku seperti punya jadwal tersendiri kapan harus muncul. Tiap 2 hari sekali dan sore hari. Apa ada sejenis virus ditubuhku, sistem imunku yang eror atau ini alergi masa kecilku yang kambuh lagi? Entahlah…

update: November 2016
alergi ku yang super aneh itu tiba-tiba hilang. I can live normally without consume cetirizine every two days. Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kenapa ya , aku udah ga sekuat dulu?

hari ini dapet kejadian apes ditempat kerjaan baru dan aku langsung kena tegur kepala ruangan. dan rasanya langsung cesss banget ke dada. la...